(1) Dengan dzikir akan mengusir setan.
(2) Dzikir mudah mendatangkan ridho Ar Rahman.
(3) Dzikir dapat menghilangkan gelisah dan hati yang
gundah gulana.
(4) Dzikir
membuat hati menjadi gembira dan lapang.
(5) Dzikir
menguatkan hati dan badan.
(6) Dzikir
menerangi hati dan wajah pun menjadi bersinar.
(7) Dzikir mudah mendatangkan rizki.
(8) Dzikir
membuat orang yang berdzikir akan merasakan manisnya iman dan keceriaan.
(9) Dzikir
akan mendatangkan cinta Ar Rahman yang merupakan ruh Islam.
(10) Dzikir akan mendekatkan diri seseorang pada
Allah sehingga memasukkannya pada golongan orang yang berbuat ihsan yaitu beribadah
kepada Allah seakan-akan melihatnya.
(11) Dzikir
akan mendatangkan inabah, yaitu kembali pada Allah ‘azza wa jalla. Semakin
seseorang kembali pada Allah dengan banyak berdzikir pada-Nya, maka hatinya pun
akan kembali pada Allah dalam setiap keadaan.
(12) Dengan
berdzikir, seseorang akan semakin dekat
pada Allah sesuai dengan kadar dzikirnya pada Allah ‘azza wa jalla.
Semakin ia lalai dari dzikir, ia pun akan semakin jauh dari-Nya.
(13) Dzikir akan semakin menambah ma’rifah
(pengenalan pada Allah). Semakin banyak dzikir, semakin bertambah ma’rifah
seseorang pada Allah.
(14) Dzikir mendatangkan rasa takut pada Rabb ‘azza
wa jalla dan semakin menundukkan diri pada-Nya. Sedangkan orang yang lalai dari
dzikir akan semakin terhalangi dari rasa takut pada Allah.
(15) Dzikir
akan mudah meraih apa yang Allah sebut dalam ayat,
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ
“Ingatlah pada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian.”
(QS. Al Baqarah: 152). Ibnul Qayyim mengatakan,
“Seandainya tidak ada keutamaan dzikir selain yang disebutkan dalam ayat
ini, maka sudahlah cukup keutamaan yang disebut.”
(16) Dengan dzikir, hati akan semakin hidup. Ibnul
Qayyim pernah mendengar gurunya, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,
الذكر للقلب مثل الماء للسمك فكيف يكون حال السمك إذا فارق
الماء ؟
“Dzikir pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan.
Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?”
(17) Hati dan ruh semakin kuat dengan dzikir. Jika
seseorang melupakan dzikir maka kondisinya sebagaimana badan yang hilang
kekuatan. Ibnul Qayyim rahimahullah menceritakan bahwa Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyah sesekali pernah shalat Shubuh dan beliau duduk berdzikir pada Allah
Ta’ala sampai beranjak siang. Setelah itu beliau berpaling padaku dan berkata,
‘Ini adalah kebiasaanku di pagi hari. Jika aku tidak berdzikir seperti ini,
hilanglah kekuatanku’ –atau perkataan beliau yang semisal ini-.
(18) Dzikir menjadikan hati semakin kilap yang
sebelumnya berkarat. Karatnya hati disebabkan lalai dari dzikir pada Allah.
Sedangkan kilapnya hati adalah dengan dzikir, taubat dan istighfar.
(19) Dzikir akan menghapus dosa karena dzikir adalah
kebaikan terbesar dan kebaikan akan menghapus kejelekan.
(20) Dzikir pada Allah dapat menghilangkan
kerisauan.
(21) Ketika seorang hamba rajin mengingat Allah
(berdzikir), maka Allah akan mengingat dirinya di saat ia butuh.
(22) Jika seseorang mengenal Allah -dengan dzikir-
dalam keadaan lapang, Allah akan
mengenalnya dalam keadaan sempit.
(23) Dzikir akan menyelematkan seseorang dari adzab
neraka.
(24) Dzikir menyebabkan turunnya sakinah
(ketenangan), naungan rahmat, dan dikelilingi oleh malaikat.
(25) Dzikir menyebabkan lisan semakin sibuk sehingga
terhindar dari ghibah (menggunjing), namimah (adu domba), dusta, perbuatan keji
dan batil.
(26) Majelis dzikir adalah majelis para malaikat dan
majelis orang yang lalai dari dzikir adalah majelis setan.
(27) Orang yang berzikir begitu bahagia, begitu pula
ia akan membahagiakan orang-orang di sekitarnya.
(28) Dzikir akan memberikan rasa aman bagi seorang
hamba dari kerugian di hari kiamat.
(29) Karena tangisan orang yang berdzikir, Allah
akan memberikan naungan ‘Arsy padanya di hari kiamat yang amat panas.
(30) Sibuknya seseorang pada dzikir adalah sebab
Allah memberi untuknya lebih dari yang diberikan pada peminta-minta.
(31) Dzikir adalah ibadah yang paling ringan, namun
ibadah tersebut amat mulia.
(32) Dzikir adalah tanaman surga.
(33) Pemberian dan keutamaan yang diberikan pada
orang yang berdzikir tidak diberikan pada amalan lainnya.
(34) Senantiasa berdzikir pada Allah menyebabkan
seseorang tidak mungkin melupakan-Nya. Orang yang melupakan Allah adalah sebab
sengsara dirinya dalam kehidupannya dan di hari ia dikembalikan. Seseorang yang
melupakan Allah menyebabkan ia melupakan dirinya dan maslahat untuk dirinya.
Allah Ta’ala berfirman,
وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ
أَنْفُسَهُمْ أُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa
kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka
Itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al Hasyr: 19)
(35) Dzikir adalah cahaya bagi pemiliknya di dunia,
kubur, dan hari berbangkit.
(36) Dzikir adalah ro’sul umuur (inti segala
perkara). Siapa yang dibukakan kemudahan dzikir, maka ia akan memperoleh
berbagai kebaikan. Siapa yang luput dari pintu ini, maka luputlah ia dari
berbagai kebaikan.
(37) Dzikir akan memperingatkan hati yang tertidur
lelap (yang lalai). Hati bisa jadi sadar dengan dzikir.
(38) Orang yang berdzikir akan semakin dekat dengan
Allah dan bersama dengan-Nya. Kebersamaan di sini adalah dengan kebersamaan
yang khusus, bukan hanya sekedar Allah itu bersama dalam arti mengetahui atau
meliputi hamba-Nya. Namun kebersamaan ini menjadikan lebih dekat, mendapatkan
perwalian, cinta, pertolongan dan taufik Allah. Kebersamaan yang dimaksudkan
sebagaimana firman Allah Ta’ala,
إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ
مُحْسِنُونَ
“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa
dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. An Nahl: 128)
وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al
Baqarah: 249)
وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
“Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta
orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al ‘Ankabut: 69)
لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا
“Janganlah kamu berduka cita, Sesungguhnya Allah
beserta kita.” (QS. At Taubah: 40)
(39) Dzikir dapat menyamai seseorang yang
memerdekakan budak, menafkahkan harta, juga dapat menyamai seseorang yang
menunggang kuda dan berperang dengan pedang (dalam rangka berjihad) di jalan
Allah.
Sebagaimana terdapat dalam hadits,
مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ
لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ ، وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ . فِى
يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ ، كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ
“Barangsiapa yang mengucapkan ‘Laa ilaha illallah
wahdahu laa syarika lah, lahul mulku, wa lahul hamdu, wa huwa ‘ala kulli syain
qodiir dalam sehari sebanyak 100 kali, maka itu seperti memerdekakan 10
budak.”[1]
Ibnu Mas’ud mengatakan, “Sungguh aku banyak
bertasbih pada Allah Ta’ala (mengucapkan subhanallah) lebih aku sukai dari
beberapa dinar yang aku infakkan fii sabilillah (di jalan Allah).”
(40) Dzikir adalah inti dari bersyukur. Tidaklah
dikatakan bersyukur pada Allah Ta’ala orang yang enggan berdzikir. Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pada Mu’adz,
« يَا مُعَاذُ وَاللَّهِ إِنِّى لأُحِبُّكَ وَاللَّهِ إِنِّى
لأُحِبُّكَ ». فَقَالَ « أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لاَ تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ
تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ »
“Wahai Mu’adz, demi Allah, sungguh aku mencintaimu.
Demi Allah, aku mencintaimu.” Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda, “Aku menasehatkan kepadamu –wahai Mu’adz-, janganlah engkau
tinggalkan di setiap akhir shalat bacaan ‘Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa
syukrika wa husni ‘ibadatik’ (Ya Allah tolonglah aku untuk berdzikir dan
bersyukur serta beribadah yang baik pada-Mu).”[2] Dalam hadits ini digabungkan
antara dzikir dan syukur. Begitu pula Allah Ta’ala menggabungkan antara
keduanya dalam firman Allah Ta’ala,
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku
ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu
mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al Baqarah: 152). Hal ini menunjukkan bahwa
penggabungan dzikir dan syukur merupakan jalan untuk meraih bahagia dan
keberuntungan.
(41) Makhluk yang paling mulia adalah yang bertakwa
yang lisannya selalu basah dengan dzikir pada Allah. Orang seperti inilah yang
menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah. Ia pun menjadikan dzikir
sebagai syi’arnya.
(42) Hati itu ada yang keras. Kerasnya hati dapat
dilebut dengan berdzikir pada Allah. Oleh karena itu, siapa yang ingin sembuh
dari hati yang keras, maka perbanyaklah dzikir pada Allah.
Ada yang berkata kepada Al Hasan, “Wahai Abu Sa’id,
aku mengadukan padamu akan kerasnya hatiku.” Al Hasan berkata, “Lembutkanlah
dengan dzikir pada Allah.”
Ketika hati semakin lalai, semakin keras hati
tersebut. Jika seseorang berdzikir pada Allah, lelehlah kekerasan hati
sebagaimana timah itu dapat meleleh dengan api. Kerasnya hati akan meleleh
semisal itu, yaitu dengan dzikir pada Allah.
(43) Dzikir adalah obat hati sedangkan lalai dari
dzikir adalah penyakit hati.
Mak-huul, seorang tabi’in, berkata, “Dzikir kepada
Allah adalah obat (bagi hati). Sedangkan sibuk membicarakan (‘aib) manusia, itu
adalah penyakit.”
(44) Tidak ada sesuatu yang membuat seseorang mudah
meraih nikmat Allah dan selamat dari murka-Nya selain dzikir pada Allah. Jadi
dzikir adalah sebab datangnya nikmat dan tertolaknya murka Allah. Allah Ta’ala
berfirman,
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan
menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7). Dzikir adalah inti syukur
sebagaimana telah disinggung sebelumnya. Sedangkan syukur akan mendatangkan
nikmat dan semakin bersyukur akan membuat nikmat semakin bertambah.
(45) Dzikir menyebabkan datangnya shalawat Allah dan
dari malaikat bagi orang yang berdzikir. Dan siapa saja yang mendapat shalawat
(pujian) Allah dan malaikat, sungguh ia telah mendapatkan keuntungan yang
besar. Allah Ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا
كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42) هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ
وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ
رَحِيمًا (43)
“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan
menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah
kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan
malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari
kegelapan kepada cahaya (yang terang). dan adalah Dia Maha Penyayang kepada
orang-orang yang beriman.” (QS. Al Ahzab: 41-43)
(46) Dzikir kepada Allah adalah pertolongan besar
agar seseorang mudah melakukan ketaatan. Karena Allah-lah yang menjadikan hamba
mencintai amalan taat tersebut, Dia-lah yang memudahkannya dan menjadikan
terasa nikmat melakukannya. Begitu pula Allah yang menjadikan amalan tersebut
sebagai penyejuk mata, terasa nikmat dan ada rasa gembira. Orang yang rajin
berdzikir tidak akan mendapati kesulitan dan rasa berat ketika melakukan amalan
taat tersebut, berbeda halnya dengan orang yang lalai dari dzikir. Demikianlah
banyak bukti yang menjadi saksi akan hal ini.
(47) Dzikir pada Allah akan menjadikan kesulitan itu
menjadi mudah, suatu yang terasa jadi beban berat akan menjadi ringan,
kesulitan pun akan mendapatkan jalan keluar. Dzikir pada Allah benar-benar
mendatangkan kelapangan setelah sebelumnya tertimpa kesulitan.
(48) Dzikir pada Allah akan menghilangkan rasa takut
yang ada pada jiwa dan ketenangan akan mudah diraih. Sedangkan orang yang lalai
dari dzikir akan selalu merasa takut dan tidak pernah merasakan rasa aman.
(49) Dzikir akan memberikan seseorang kekuatan
sampai-sampai ia bisa melakukan hal yang menakjubkan. Contohnya adalah Ibnu
Taimiyah yang sangat menakjubkan dalam perkataan, tulisannya, dan kekuatannya.
Tulisan Ibnu Taimiyah yang ia susun sehari sama halnya dengan seseorang yang
menulis dengan menyalin tulisan selama seminggu atau lebih. Begitu pula di
medan peperangan, beliau terkenal sangat kuat. Inilah suatu hal yang
menakjubkan dari orang yang rajin berdzikir.
(50) Orang yang senantiasa berdzikir di jalan, di
rumah, di lahan yang hijau, ketika safar, atau di berbagai tempat, itu akan
membuatnya mendapatkan banyak saksi di hari kiamat. Karena tempat-tempat tadi,
semisal gunung dan tanah, akan menjadi saksi baginya di hari kiamat. Kita dapat
melihat hal ini pada firman Allah Ta’ala,
إِذَا زُلْزِلَتِ الْأَرْضُ زِلْزَالَهَا (1) وَأَخْرَجَتِ
الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا (2) وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا (3) يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ
أَخْبَارَهَا (4) بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا (5)
“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang
dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, pada hari itu bumi
menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang
sedemikian itu) kepadanya.” (QS. Az Zalzalah: 1-5)
(51) Jika seseorang menyibukkan diri dengan dzikir,
maka ia akan terlalaikan dari perkataan yang batil seperti ghibah
(menggunjing), namimah (mengadu domba), perkataan sia-sia, memuji-muji manusia
(secara berlebihan), dan mencela manusia. Karena lisan sama sekali tidak bisa
diam. Lisan boleh jadi adalah lisan yang rajin berdzikir dan boleh jadi adalah
lisan yang lalai. Kondisi lisan adalah salah satu di antara dua kondisi
tersebut. Ingatlah bahwa jiwa jika tidak tersibukkan dengan kebenaran, maka
pasti akan tersibukkan dengan hal yang sia-sia
0 Komentar