Ada beberapa tahapan yang harus dipenuhi dalam
pengembangan produk agar suatu produk dapat meraih sukses di pasaran.
Tahap 1. Pengumpulan ide
Tahap 2. Seleksi Ide
Tahap 3. Pengembangan produk dan pengujian
Tahap 4. Analisis bisnisnya
Tahap 5. Pengembangan produk dan bauran pemasaran
Tahap 6. Pemasaran
Dalam dunia bisnis dan marketing, istilah
pengembangan produk (product development) sudah lazim dibicarakan, dibahas dan
dianalisis. Secara umum, pengembangan produk dapat diartikan sebagai suatu
usaha yang dilakukan perusahaan untuk menambah manfaat, ciri, desain dan
layanan pada barang dan jasa.
Pengertian pengembangan produk telah banyak
dikemukakan para ahli, antara lain ;
1. Assaury (1996) mengatakan bahwa pengembangan
produk (product development) adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang
dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan suatu produk ke arah yang
lebih baik sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih
besar.
2. Stanton (1996) mengatakan bahwa pengembangan
produk (product development) adalah suatu istilah yang terbatas mneliputi
kegiatan teknis, seperti riset produk, rekayasa dan disain.
3. Guiltinan (1991) mengatakan bahwa pengembangan
produk (product develpoment) adalah suatu kebutuhan dan keinginan yang selalu
berubah mengakibatkan adanya segmen baru atau adanya persaingan dan perubahan
teknologi.
4. Sigit (1992) mengatakan bahwa pengembangan produk
(product development) disebut juga merchandising adalah kegiatan-kegiatan
manufacturer ( pembuat barang ) atau middlemen ( perantara ) yang bermaksud
melakukan penyesuaian barang-barang yang dibuat atau ditawarkan untuk dijual
atas permintaan pembeli.
5. Kotler dan Armstrong (1996) mengatakan bahwa
pengembangan produk adalah strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan
menawarkan produk baru atau yang dimodifikasi ke segmen pasar yang sekarang.
Dari berbagai pengertian pengembangan produk
tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk adalah suatu
usaha yang dilakukan perusahaan melalui perbaikan bentuk, penyederhanaan,
pembentukan kembali, menambah desain atau model dengan tujuan untuk
meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan.
Pengembangan produk sangat menetukan kehidupan
perusahaan. Pertumbuhan dan keuntungan perusahaan akan terganggu tanpa tindakan
pengembangan produk yang agresif demi memenuhi kebutuhan pasar.Setiap
perusahaan dituntut untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan
oleh pelanggan yang mencerminkan besaran permintaan.
0 Komentar