Pasar yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat dibedakan menjadi empat jenis. Berikut adalah 4 jenis pasar diurutkan berdasarkan kekuatan yang terbesar, yaitu monopoli, oligopoli, persaingan monopolistik, dan persaingan sempurna.



aziz91mei
jenis pasar [aziz91mei]

Pasar Monopoli

Ciri-ciri yang dimiliki suatu pasar monopoli adalah sebagai berikut:

Pada pasar hanya terdapat satu penjual
Tidak ada penjual lain dapat menjual output pengganti bagi output yang dijual monopolist tersebut
Ada halangan, baik bersifat alami maupun buatan, bagi perusahaan lain memasuki pasar tersebut (barier to entry)

Pasar Oligopoli

Ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar oligopoli adalah sebagai berikut:

Hanya ada beberapa perusahaan yang dominan (4 sampai 8 perusahaan)
Dalam kasus khusus, dalam industri hanya terdapat dua perusahaan (duopoli)
Produk yang dihasilkan homogen atau terdiferensiasi
Pengambilan keputusan interdependent
Persaingan nonharga



Persaingan Monopolistik

Ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar monopolistik adalah sebagai berikut:

Jumlah produsen relatif banyak
Produk terdiferensiasi
Bebas masuk dan keluar pasar


Persaingan Sempurna

Ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

Penjualnya banyak
Barang yang dijual bersifat homogen
Barang yang dijual merupakan bagian kecil dari seluruh barang yang ada di pasar tersebut
Setiap penjual mempunyai kebebasan masuk atau keluar dari pasar
Pengetahuan penjual dan pembeli tentang keadaan pasar sempurna/lengkap
Mobilitas sumber ekonomi di seluruh pasar adalah bebas dan tidak ada hambatan






Karakteristik pasar monopoli:

Hanya ada satu produsen
Produsen bebas menentukan harga
Adanya hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk ke dalam pasar monopoli
Output yang besar karena permintaannya banyak
Biaya marginal semakin lama semakin menurun, sehingga biaya produksi (AC) makin rendah (decreasing MC dan AC)
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Terdapat banyak penjual dan pembeli di dalamnya artinya tidak hanya satu penjual dan pembeli yang ada di dalam pasar, jadi yang menentukan harga bukanlah pembeli atau penjual, tetapi keseluruhan interaksi antara pembeli dan penjual.
Barang yang diperjual belikan homogen (serupa), terkadang pembeli tidak dapat membedakan barang produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
Perusahaan dapat dengan bebas keluar masuk pasar tersebut, suatu perusahaan bebas menentukan ingin keluar atau memasuki pasar persaingan sempurna karena hampir tidak ada hambatan bagi perusahaan untuk keluar ataupun masuk ke pasar tersebut.


Karakteristik Pasar Oligopoli

Sedikit produsen dalam suatu pasar, akibatnya keputusan yang diambil oleh satu produsen akan sangat mempengaruhi produsen yang lain. Oleh karena itu Produsen-produsen yang ada  saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama di dalam menentukan harga dan tingkat produksi
Produk yang dihasilkan homogen atau sama, ada 2 tipe, yang pertama adalah produsen barang standar atau bahan mentah, yang ke-dua adalah produsen barang yang berbeda corak, biasanya barang akhir atau barang jadi.

Karakteristik Pasar Monopolistik

Terdapat banyak penjual, oleh karena itu suatu produsen hanya memiliki pengaruh yang kecil dalam penentuan harga barang.
Barang yang dihasilkan berbeda corak, ini adalah faktor terpenting uang membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna. Secara fisik mudah membedakan produksi suatu perusahaan dengan produksi perusahaan lainnya.
Masuk ke dalam industri sangat mudah, hambatan untuk masuk ke dalam pasar ini tidak sesulit dalam pasar monopoli atau oligopoli, tetapi juga tidak semudah dalam pasar persaingan bebas karena butuh modal yang besar untuk menghasilkan barang yang berbeda corak dengan yang sudah tersedia di pasar.



Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Harga Jual barang dan jasa adalah yang termurah
Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
Masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa (produk yang homogen)
Tidak takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Kelemahan dalam hal asumsi
Kelemahan dalam pengembangan teknologi
Konflik efisiensi keadilan

Kelebihan Pasar Monopoli

Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
Mampu meningkatkan investasi ekonomi
Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
Kelemahan Pasar Monopoli

Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
Membruknya kondisi perekonomian Internasional


Kelebihan Pasar Monopolistik

Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif kecil.
Kelebihan kapasitas produksi relatif kecil
Kenikmatan konsumen yang tinggi karena beragamnya produk, peningkatan kualias, dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output



 
aziz91mei
contoh pasar ekonomi

Kelemahan Pasar Monopolistik

Permintaan yang sangat elastic
Harga jual masih lebih besar daripada biaya marjinal
Kapasitas berlebih
Jika output ditambah melebihi output keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
Kelebihan Pasar Oligopoli

Hanya sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
Oligopoli dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan lawan
Oligopoli dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif kecil



Kelemahan Pasar Oligopoli

Efisiensi hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
Pengambilan keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
Membutuhkan kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan





Efisien adalah suatu keadaan di mana suatu pelaku ekonomi, baik itu produsen ataupun konsumen, mampu menekan biaya produksi  atau biaya dalam membeli sesuatudan mampu mencapai tujuan dalam aktifitas ekonominya. Pasar yang paling efisien adalah pasar persaingan sempurna.Alasan mengapa pasar persaingan sempurna paling efisien adalah:

Pada pasar persaingan sempurna informasi mengenai harga suatu barang dapat diketahui dengan mudah sehingga menghindari abnormal return.
Di dalam pasar persaingan sempurna, produk yang dihasilkan disesuaikan sehingga tidak melebihi permintaan.
Tidak perlu dilakukan manajemen rumit seperti pada kasus oligopoly skarena harga barang akan sendirinya tercapai oleh keseimbangan antara permintaan dan penwaran yang terjadi secara alamiah.
Dalam jangka panjang bentuk pasar yang bersifat persaingan sempurna menjamin diproduksinya barang-barang dengan ongkos yang serendah-rendahnya kerena bila diproduksi dalam ongkos yang besar otomatis produsen akan mengalami kerugian mengingat banyak saingan di dalam pasar persaingan sempurna.